Aksi Dj Berhijab Asal Solo

dj.jpg

 

 

Banyak hijabers Indonesia menjadi sorotan karena pekerjaan yang dilakukannya. Seperti wanita berhijab asal Solo yang satu ini, ia menjadi viral karena berprofesi sebagai disk jockey (DJ). Siapa DJ yang dimaksud? Dia diketahui bernama Ariska Wigatiningtyas.

Wanita yang lebih akrab disapa Chika itu kini sedang menjadi perbincangan di media sosial. Aksinya saat melakoni pekerjaannya sebagai DJ di sebuah acara menarik perhatian. Bukan hanya karena jilbab yang dikenakannya namun juga tambahan cadar yang dipakai Chika kala itu.

Video yang beredar memperlihatkan Chika mengenakan pakaian serba hitam berpotongan longgar. Jilbabnya juga dipilih yang berpalet hitam dan bahannya sifon. Ia pun menggunakan cadar yang juga berwarna hitam.

dj1.jpg

Penampilan wanita yang dikenal dengan nama panggung DJ Chika Riska itu menarik perhatian netizen. Kemudian timbul kontroversi, ada yang pro dan kontra dengan cara berpakaian Chika saat menjadi DJ.

Saat melihat ke akun Facebook pribadinya, banyak orang mengkritik penampilan Chika tersebut. Terdapat ratusan komentar di jejaring sosialnya. Mahasiswi Jurusan Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta itu disebut tidak menghargai cadar dan hijabnya. Berbagai macam kritik pedas dilontarkan di netizen di Facebook.

“Sebenarnya DJ itu hanya sebuah hobi yang sering dilatih dan menjadi sebuah kemahiran tapi apa hobi itu pas dengan hijab yang Anda kenakan. Mari pahami makna hijab dan hobi juga sesuatu yang masih bisa ditinggalkan apabila tidak sesuai dengan syariat… #salingmengingatkan,” komentar pengguna Facebook bernama Dini Lubis.

Ada pula wanita yang mengatakan kalau ia sedih dan marah karena menggunakan cadar saat menjadi DJ. Menurutnya hal tersebut bisa menyakiti perasaan para muslimah yang sudah memutuskan untuk memakai niqab.

“Akibatnya kepada para wanita yang berniqab, Anda coba rasakan bagaimana sakitnya manahan hinaan yang orang lontarkan kepada mereka, dan sekarang ditambah dengan perlakuan Anda, nauzubillah,” ujar pengguna Facebook lainnya bernama Zahara Cheeks.

Meski demikian, ada pula netizen yang membela Chika. Salah satunya akun Facebook bernama Fajar Senja. Ia berusaha bersikap netral dan menyarankan agar orang-orang tidak men-judge satu sama lain.

“Komentar-komentarnya seram, dan itu diucapkan oleh orang-orang yang kelihatannya mengerti agama. Pantesan banyak muslimah yang nolak pakai jilbab dengan alasan ‘Mau jilbabin hati dulu baru tubuh’, toh ketika mereka pakai jilbab tapi kelakuannya ada yang menurut orang lain salah langsung ‘dihajar’ dengan kata-kata pedas. Menutup aurat itu kewajiban, bersikap baik juga kewajiban. Lantas kalau belum bisa baik harus dibuka jilbabnya?” tulisnya.

Chika tampak tidak menanggapi komentar-komentar yang dilontarkan kepadanya. Tak ada satu pun komentar yang ia balas secara pribadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s